Minggu, 03 Maret 2024|Jakarta, Indonesia

Simak! Ini Klarifikasi dan Permintaan Maaf Bupati Boltim Terkait Penyaluran Modal Usaha PT Esta Dana Ventura

Ridwan

Jumat, 01 Januari 2021 - 17:11 WIB

Bupati Bolaang Mongondow Timur, Sehan Salim Landjar (Tengah)
Bupati Bolaang Mongondow Timur, Sehan Salim Landjar (Tengah)
A A A

Thepresidentpost.id - Jakarta - PT Esta Dana Ventura (EDV), sebuah lembaga keuangan nonbank menyatakan bahwa pihaknya berinisiatif membantu pengusulan pelaku usaha kecil yang memasuki kriteria program BPUM yang digulirkan oleh presdien Joko Widodo guna mendukung para UMKM untuk tetap bertahan di situasi yang menantang ini, termasuk para pelaku usaha di Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim).

Menurut Direktur Utama PT Esta Dana VENTURA Rony Harianto, bahwa tugas EDV sebagai Lembaga pengusul untuk melakukan koordinasi proses pencairan, dan pendisiplinan penggunaan masker di daerah Boltim yang merupakan salah satu bentuk kepedulian dari EDV terhadap masyarakat.

Adapun proses pencairan modal BPUM dikirimkan langsung kepada rekening nasabah melalui Bank yang terdaftar tanpa ada pemotongan biaya apapun.

Sementara di kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), pelaku usaha kecil yang mendapatkan persetujuan kurang lebih sebanyak 200 nasabah dan kurang lebih 90 pelaku usaha kecil sudah mendapatkan pencairan dari program penyaluran BPUM.

Selain berperan sebagai salah satu pengusul Bantuan Produktif Usaha Mikro (BPUM) yang digulirkan oleh Presiden RI Joko Widodo, PT Esta Dana Ventura sebagai perusahaan modal ventura juga memiliki variasi produk pembiayaan dengan bunga rendah 3 sampai 4 persen yang dapat dimanfaatkan oleh para pelaku usaha sesuai kesepakatan kedua belah pihak.

"Kami saat ini sedang melayani 160.000 pelaku usaha kecil di seluruh Indonesia, termasuk diantaranya yang ada di Boltim," kata Rony Harianto melalui keterangan tertulisnya di Jakarta (1/1/2021)

PT. Esta Dana Ventura memiliki modal usaha berbasis Grameen Bank yang memberikan bantuan pinjaman bagi para pelaku usaha wanita dan berkelompok.

Sementara itu, Bupati Bolaang Mongondow Timur (Boltim) Sehan Salim Landjar dalam sebuah konferensi pers virtual menyatakan bahwa pihaknya mendukung penyaluran bantuan produktif usaha mikro (BPUM) yang digulirkan oleh Presiden RI Joko Widodo.

Ditambahkan Bupati Sehan, pihaknya berharap program ini bisa berlangsung terus sampai tahun 2021. "Saya sangat respek dan mendukung program pemerintah. Saya ingin rakyat Boltim bisa lebih banyak lagi mendapatkan dan semoga tidak salah sasaran," tegasnya.

Pada kesempatan yang sama, Bupati Boltim Sehan juga menegaskan bahwa pihaknya tidak ingin mendiskreditkan pihak EDV. Bupati Boltim juga sudah mengetahui Lembaga pembiayaan ini ternyata memiliki sumbangsih besar di kabupaten Boltim beberapa tahun terakhir melalui program Corporate Social Responsilbity (CSR) nya.

Karena program pemerintah ini sudah berjalan sangat bagus dan membantu perekenomian di Boltim. Pihaknya berharap ke depan informasi mengenai program ini disosialisasikan sehingga masyarakat lebih siap dan lebih banyak lagi masyarakat yang bisa mendapatkannya.

Adapun pihak EDV, menurut Rony Harianto, menyatakan bahwa EDV terus berupaya dan selalu fokus terhadap usaha mikro salah satunya berfokus pada edukasi literasi keuangan dan bisnis yang ikut serta pada program BPJS tenaga kerja non formal dengan santunan kematian sebesar Rp 42,000,000 atau kecelakaan dengan bantuan Rp 1,000,000 per bulan sampai dengan peserta bisa bekerja kembali.

Komentar

Berita Lainnya

Business 28/02/2024 13:01 WIB

Carsurin and NBRI Strengthen Strategic Alliance to Propel Indonesia’s EV Industry

PT Carsurin Tbk ("Carsurin") and the National Battery Research Institute ("NBRI") are pleased to announce the signing of a pivotal Strategic Alliance Agreement (SAA), marking a significant advancement…

National 21/02/2024 08:42 WIB

Gov’t to Continue Disbursing Rice Assistance

President Joko “Jokowi” Widodo has ensured that the Government will continue rolling out the rice assistance program for low-income families. The President made the statement when handing over rice…

Sport 21/02/2024 08:20 WIB

Receives Chairman of Jababeka (KIJA), Menpora Dito Ready to Support the Development of Sports SEZs

Chairman of PT Jababeka Tbk (KIJA), Setyono Djuandi Darmono met the Minister of Youth and Sports of the Republic of Indonesia (Menpora RI) Dito Ariotedjo at the Kemenpora RI Office, Senayan, Jakarta,…

Business 21/02/2024 08:16 WIB

Jababeka (KIJA) Targets Marketing Sales of IDR 2.5 Trillion in 2024

PT Jababeka Tbk (KIJA) is targeting pre-sales revenue or marketing sales of IDR 2.5 trillion in 2024. According to the information disclosure of the Indonesia Stock Exchange on Tuesday (13/2), IDR 1,150…

World 19/02/2024 17:38 WIB

The Indonesian Embassy in Cairo Receives Aid for Palestine

Cairo, Egypt - The Indonesian Embassy in Cairo welcomes the Radjiman Wedyodiningrat Warship (RJW-992) which arrived at the Al Arish Port, North Sinai Province of Egypt at 8.00 A.M. Cairo local time (13/02).…