Kamis, 22 Februari 2024|Jakarta, Indonesia

Pandemi Covid-19, TWC Utamakan Keselamatan Wisatawan

Krishna Anindyo

Kamis, 08 Oktober 2020 - 20:15 WIB

Ilustrasi Destinasi Wisata (Photo by BUMN)
Ilustrasi Destinasi Wisata (Photo by BUMN)
A A A

INDUSTRY co.id - Jakarta - Berbicara pandemi Covid - 19 dimasa ini, Sektor pariwisata menjadi salah satu sektor yang terkena imbas paling dalam akibat adanya pandemi Covid - 19 yang melanda seluruh dunia ini. Hal ini berakibat tutupnya destinasi wisata baik yang dikelola pemerintah, swasata maupun masyakarat. 

Di masa New Normal, dunia pariwisata berperan aktif dalam upaya menghadirkan destinasi yang sehat dan bersih. Hal ini dilakukan dengan menghadirkan protokol kesehatan ketat sebagai prasyarat utama wisatawan yang berkunjung ke destinasi tersebut.

“Kita harus membangun kepercayaan wisatawan untuk berkunjung. Hal ini menjadi prioritas utama. Kita tekankan kepada mereka bahwa destinasi ini adalah destinasi yang aman dikunjungi. Itu fokus utama kita. Selanjutnya, bagaimana mengkomunikasikan kepada publik.” Terang Direktur Utama PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan & Ratu Boko (Persero) melalui keterangan yang diterima redaksi pada Kamis (8/10).

Dalam webinar yang digelar oleh Badan Perlindungan Konsumen Nasional (BPKN) ini, Edy Setijono menyampaikan bahwa di masa pandemi, destinasi wisata harus mengubah konsep berpikir, dari quantity oriented ke quality oriented.

Destinasi perlu disiapkan untuk menyambut wisatawan yang sadar akan kebersihan serta keselamatan dirinya sehingga mereka merasa aman saat berkunjung.

“Maka kita susun protokol kesehatan. Kita mencotoh Disneyland Shanghai yang pertama melakukan pembukaan kawasannya dengan menggunakan protokol kesehatan ketat. Hal ini meliputi jaga jarak, pakai masker serta cuci tangan. Protokol ini kita laporkan dan disetujui oleh gugus tugas penanganan Covid - 19 provinsi Jawa Tengah maupun Yogyakarta.” Lanjut Edy.

Selaras dengan apa yang disampaikan oleh Dirut TWC, Ketua BPKN Rizal E. Halim menekankan kepada pelaku wisata bahwa terjaminnya keselamatan wisatawan merupakan hal penting yang harus dilakukan di masa pandemi ini.

“Kita tak ingin sektor pariwisata ini terpuruk terlalu lama. Dengan catatan bahwa konsumen wisatawan bisa diberi jaminan keselamatan di objek wisata. Kedisiplinan bisa dijalankan sesuai dengan protokol kesehatan. Protokol kesehatannya ada di objek wisata, namun kesadarannya rendah. Tugas kita semua untuk menyampaikan bahwa kedisiplinan itu menjadi penting.” Ujarnya.

Komentar

Berita Lainnya

National 21/02/2024 08:42 WIB

Gov’t to Continue Disbursing Rice Assistance

President Joko “Jokowi” Widodo has ensured that the Government will continue rolling out the rice assistance program for low-income families. The President made the statement when handing over rice…

Economy 21/02/2024 08:38 WIB

Bapanas Head Ensures Availability of Rice Stock Ahead of Ramadan

The National Food Agency (Bapanas) has ensured the availability of rice for the fasting month of Ramadan and Eid al-Fitr 1445 Hijri/2024 CE.

Sport 21/02/2024 08:20 WIB

Receives Chairman of Jababeka (KIJA), Menpora Dito Ready to Support the Development of Sports SEZs

Chairman of PT Jababeka Tbk (KIJA), Setyono Djuandi Darmono met the Minister of Youth and Sports of the Republic of Indonesia (Menpora RI) Dito Ariotedjo at the Kemenpora RI Office, Senayan, Jakarta,…

Business 21/02/2024 08:16 WIB

Jababeka (KIJA) Targets Marketing Sales of IDR 2.5 Trillion in 2024

PT Jababeka Tbk (KIJA) is targeting pre-sales revenue or marketing sales of IDR 2.5 trillion in 2024. According to the information disclosure of the Indonesia Stock Exchange on Tuesday (13/2), IDR 1,150…

World 19/02/2024 17:38 WIB

The Indonesian Embassy in Cairo Receives Aid for Palestine

Cairo, Egypt - The Indonesian Embassy in Cairo welcomes the Radjiman Wedyodiningrat Warship (RJW-992) which arrived at the Al Arish Port, North Sinai Province of Egypt at 8.00 A.M. Cairo local time (13/02).…