Sabtu, 27 Juli 2024|Jakarta, Indonesia

Prajurit Yonkomlek 2 Marinir Tingkatkan Kemampuan Renang Militer

Herry Barus

Selasa, 15 Desember 2020 - 04:45 WIB

Prajurit Yonkomlek 2 Marinir Tingkatkan Kemampuan Renang Militer
Prajurit Yonkomlek 2 Marinir Tingkatkan Kemampuan Renang Militer
A A A

Thepresidentpost.id - Surabaya - Prajurit Batalyon Komunikasi dan Elektronika 2 Marinir (Yonkomlek 2 Mar) melaksanakan Latihan Perorangan Dasar (LPD)/Latihan Perorangan Kesenjataan (LPK) TW IV tahun 2020 dengan materi renang militer di Military Swimming Pool yang berada di Kolam Tank Kesatrian Marinir Soetedi Senaputra, Karangpilang, Surabaya. Senin (14/12/2020).

Latihan renang tersebut dilaksanakan dengan tiga tahap dimana tahap awal dimulai dengan senam pemanasan dilanjutkan dengan renang ketahanan. Tahap pelaksanaan dilakukan dengan berenang menggunakan PDL sejauh 50 meter, kemudian di tahap akhir para perenang melakukan pendinginan dan dievaluasi oleh pelatih.

Pelatih Serda Marinir I Made Putra menyampaikan tidak ada ketentuan untuk menggunakan gaya tertentu, bebas untuk memilih gaya sesuai dengan kemampuan dan kenyamanan dalam berenang, namun gaya katak yang paling sering digunakan untuk ketahanan dan jarak jauh  untuk mencapai finish.

Komandan Batalyon Komunikasi dan Elektronika 2 Marinir (Danyonkomlek 2 Mar) Letkol Marinir Ade Lesmono, M. Tr. Opsla menyampaikan latihan tersebut dilaksanakan secara bertahap, berlanjut dan terencana sesuai dengan program yang sudah disiapkan Staf Operasi Yonkomlek 2 Mar.

“Laksanakan latihan renang dengan penuh semangat dan mengikuti seluruh instruksi yang diberikan oleh pelatih, sehingga dapat mencapai hasil yang maksimal, efisien dan efektif tanpa mengabaikan faktor keselamatan (zero accident) dan tetap menerapkan protokoler kesehatan guna mencegah penularan Covid, ” pungkasnya.

Sementara itu di tempat terpisah, Gubernur Akademi Angkatan Laut (AAL) Laksamana Muda TNI Tunggul Suropati, S.E., M.Tr(Han) dan Ibu Asuh Taruna AAL Ny. dr. Nita Tunggul Suropati meninjau pelaksanaan Tes Kesegaran Jasmani (Garjas) Taruna AAL Tingkat lV yang digelar di  Stadion Jala Krida Mandala, Kesatrian AAL, Bumimoro, Surabaya, Senin(14/12).

Tepat pukul 06.00 WIB, Taruna Tingkat lV ini sudah siap di garis start lintasan Stadion Mandala, setelah sebelumnya dilakukan pemeriksaan kesehatan berupa cek suhu tubuh, tensi darah dan lainnya. Ketika pluit ditiup petugas lintasan, seketika mereka melesat mengelilingi lintasan stadion selama 12 menit waktu yang disiapkan untuk baterai A (lari) ini.

Selain Gubernur AAL dan Ibu Asuh Taruna, tampak hadir Wakil Gubernur AAL Brigjen TNI (Mar) Endi Supardi, S.E., Dirdik, Dirrenbang, Dirpers, Dirlog, Danmen AAL, Kaopsjar, Kadeppel, Kadeplek, Kadeplai dan Kadepjas.

Menurut Gubernur AAL melalui Dispen AL,  materi garjas ini menjadi parameter sejauh mana pembinaan fisik yang telah dilakukan taruna selama satu semester ini.  Ia berharap para taruna dapat melakukannya dengan semangat dan memperhatikan aspek keselamatan.

Menurutnya, materi garjas menjadi aspek yang menentukan bagi Taruna. Materi ini juga akan selalu menempel dalam setiap perjalanan dinas seorang prajurit, mulai dari proses rekrutmen prajurit, persyaratan bagi kenaikan pangkat, persyaratan mengikuti pendidikan dan garjas reguler yang dilaksanakan satu tahun dua kali.

Oleh karena itu, materi Garjas ini perlu dilakukan pembinaan secara bertahap, bertingkat dan berlanjut dengan pembinaan yang terukur, sehingga menghasilkan out put yang baik, yakni prajurit yang sehat dan memiliki tingkat kesiapan yang tinggi.

"Taruna yang memiliki tingkat garjas yang baik, juga mencerminkan kesehatan tubuhnya, kedisiplinan dalam mengatur pola hidup untuk tetap sehat yang pada akhirnya berdampak pada semangat dan kejuangan dalam menjalankan tugas pendidikan di AAL," terangnya.

Dalam pelaksanaan tes Garjas ini, setiap taruna harus melaksanakan tahapan tes antara lain lari selama 12 menit minimal menempuh jarak 2,4 km, pull up, sit up, push up, shuttle run dan renang secara berlanjut dari materi satu ke materi lainnya

Komentar

Berita Lainnya

Business 23/04/2024 10:32 WIB

Govt to Form Task Force to Tackle Online Gambling

President Joko “Jokowi” Widodo chaired a limited meeting which discussed efforts taken to eradicate online gambling in Indonesia, Thursday (04/18), at Merdeka Palace, Jakarta. Minister for Communication…

Economy 23/04/2024 10:27 WIB

President Jokowi Reaffirms Commitment to Farmers’ Welfare

President Joko “Jokowi” Widodo on Monday (04/22) inspected corn harvest in Boalemo regency, Gorontalo province. “Our corn import has decreased significantly from 3.5 million tonnes to 400,000-450,000…

Business 28/02/2024 13:01 WIB

Carsurin and NBRI Strengthen Strategic Alliance to Propel Indonesia’s EV Industry

PT Carsurin Tbk ("Carsurin") and the National Battery Research Institute ("NBRI") are pleased to announce the signing of a pivotal Strategic Alliance Agreement (SAA), marking a significant advancement…

National 21/02/2024 08:42 WIB

Gov’t to Continue Disbursing Rice Assistance

President Joko “Jokowi” Widodo has ensured that the Government will continue rolling out the rice assistance program for low-income families. The President made the statement when handing over rice…

Economy 21/02/2024 08:38 WIB

Bapanas Head Ensures Availability of Rice Stock Ahead of Ramadan

The National Food Agency (Bapanas) has ensured the availability of rice for the fasting month of Ramadan and Eid al-Fitr 1445 Hijri/2024 CE.