Minggu, 03 Maret 2024|Jakarta, Indonesia

Simak! Kemenkeu Beberkan Berbagai Manfaat APBN 2020, Mulai dari Insentif Tenaga Kesehatan Hingga Tunjangan Guru

Candra Mata

Minggu, 10 Januari 2021 - 18:15 WIB

Ilustrasi Uang Pemerintah
Ilustrasi Uang Pemerintah
A A A

Thepresidentpost.id - Jakarta, Tahun 2020 merupakan tahun yang penuh tantangan, tidak hanya di bidang ekonomi, namun di seluruh aspek kehidupan. Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2020 menjadi instrumen utama dalam upaya penanganan Covid - 19 dan pemulihan ekonomi nasional dan akan terus berlanjut di tahun 2021.

Menurut Wakil Menteri Keuangan (Wamenkeu) Suahasil Nazara, APBN 2020 dirancang bersifat ekspansif serta countercylical untuk memastikan agar perekonomian terus bergerak untuk mewujudkan Indonesia yang sejahtera, adil, dan makmur di tengah berbagai tantangan, termasuk penanganan pandemi Covid - 19.

“Manfaat APBN 2020 yang tadi angka - angkanya telah disampaikan oleh Ibu Menteri, dapat ditunjukkan dalam berbagai macam output. Kami akan menguraikan beberapa output yang sangat penting terutama dalam situasi penanganan pandemi covid 19 ini,” ujar Suahasil seperti dilansir redaksi Thepresidentpost.id Minggu (10/1/2021).

Dijelaskannya, output pertama adalah bidang kesehatan dari belanja pusat termasuk untuk pembayaran insentif tenaga kesehatan, bantuan iuran JKN, alat material kesehatan pada 110 rumah sakit di lingkungan Kementerian Pertahanan, TNI, Polri, juga santunan untuk tenaga kesehatan kita yang gugur karena penanganan covid. 

Pembayaran terhadap pengobatan pasien 183,9 ribu pasien covid - 19 yang dirawat ditanggung oleh APBN 2020, penerima bantuan iuran JKN yang iurannya dari dibayarkan oleh APBN yang berasal dari transfer ke daerah dan dana ke daerah dan dana desa.

“Jadi kalau kita melihat APBN itu ada belanja yang dari pemerintah pusat ada juga belanja yang melalui transfer ke daerah dan dana desa dan juga digunakan untuk berbagai macam sektor termasuk sektor kesehatan ini di kita bisa lihat output - outputnya,” jelas Wamenkeu.

Selanjutnya output kedua adalah di sektor bantuan sosial, bantuan pemerintah, subsidi dan dukungan UMKM ada yang berasal dari belanja pusat langsung dan ada juga yang melalui transfer ke daerah dan dana desa. Belanja pusat untuk bantuan beras peserta PKH itu diterima oleh 10 juta keluarga penerima manfaat serta 10 juta KPM.

"Yang lewat transfer ke daerah dan dana desa yang paling mungkin yang paling sering di diskusikan tahun 2020 adalah BLT Dana Desa. Ini diterima oleh 8 juta penerima, lalu bantuan usaha mikro 10,4 juta penerima dan ada berbagai macam kegiatan lainnya,” jelasnya.

Kemudian output di bidang pendidikan yang melalui dana pusat, telah diberikan subsidi kuota internet bagi pelajar, rehab madrasah dan sekolah juga Bantuan Operasional pendidikan untuk Sekolah yang di bawah naungan Kementerian Pendidikan maupun Kementerian Agama, Bantuan Operasional Sekolah untuk 44,2 juta siswa pada 216000 sekolah di seluruh Indonesia. 

Tunjangan profesi guru juga merupakan output yang melalui TKDD, lalu juga pelatihan kepariwisataan untuk di berbagai macam tempat dan melalui kegiatan pembiayaan ada penerima beasiswa baru tahun lalu.

“Untuk LPDP menambah 3069 penerima beasiswa baru dan tentu juga ada pembangunan rehabilitasi kelas, pembangunan ruang kelas belajar, pengadaan peralatan pendidikan,” jelas Wamenkeu Suahasil Nazara.

Adapun output yang terakhir adalah infrastruktur. Menurutnya, belanja pusat membangun jaringan irigasi 280 KM lebih, 45 bendungan yang cukup besar, pembangunan jalan baru 280 KM, pelabuhan baru, penyediaan akses internet di 10.725 lokasi, 452 KM rel kereta api.

"Lalu jembatan sepanjang 7669 meter, pembangunan jaringan gas di 23 kabupaten kota dengan 135.000 lebih sambungan rumah dan kegiatan Padat Karya di berbagai macam Kementerian dapat menyerap 2,2 juta tenaga kerja," pungkasnya. 

Komentar

Berita Lainnya

Business 28/02/2024 13:01 WIB

Carsurin and NBRI Strengthen Strategic Alliance to Propel Indonesia’s EV Industry

PT Carsurin Tbk ("Carsurin") and the National Battery Research Institute ("NBRI") are pleased to announce the signing of a pivotal Strategic Alliance Agreement (SAA), marking a significant advancement…

National 21/02/2024 08:42 WIB

Gov’t to Continue Disbursing Rice Assistance

President Joko “Jokowi” Widodo has ensured that the Government will continue rolling out the rice assistance program for low-income families. The President made the statement when handing over rice…

Sport 21/02/2024 08:20 WIB

Receives Chairman of Jababeka (KIJA), Menpora Dito Ready to Support the Development of Sports SEZs

Chairman of PT Jababeka Tbk (KIJA), Setyono Djuandi Darmono met the Minister of Youth and Sports of the Republic of Indonesia (Menpora RI) Dito Ariotedjo at the Kemenpora RI Office, Senayan, Jakarta,…

Business 21/02/2024 08:16 WIB

Jababeka (KIJA) Targets Marketing Sales of IDR 2.5 Trillion in 2024

PT Jababeka Tbk (KIJA) is targeting pre-sales revenue or marketing sales of IDR 2.5 trillion in 2024. According to the information disclosure of the Indonesia Stock Exchange on Tuesday (13/2), IDR 1,150…

World 19/02/2024 17:38 WIB

The Indonesian Embassy in Cairo Receives Aid for Palestine

Cairo, Egypt - The Indonesian Embassy in Cairo welcomes the Radjiman Wedyodiningrat Warship (RJW-992) which arrived at the Al Arish Port, North Sinai Province of Egypt at 8.00 A.M. Cairo local time (13/02).…